PROGRAM
SEMESTER (PROSEM)
Satuan
Pendidikan : SMP
Kelas/Semester : VII/I (Ganjil)
Kompetensi Inti:
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, Peduli (Toleransi, Gotongroyong),
Santun, Percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaaannya.
3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tanpa mata.
4. Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah kongrit (menggunakan, mengurai, merangka,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
NO
|
Kompetensi Dasar
|
TEMA
|
SUB TEMA
|
PEM-BELA-JARA-N
|
ALO-KASI
WA-
KTU
|
JULI
|
AGUSTUS
|
SEPTEM-BER
|
OOKTOBER
|
NOVE-MBER
|
DESEMBER
|
|||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||||||
1
|
1.1.
Menerima
bahwa hanya Allah yang dapat mengampuni dan menyelamatkan manusia melalui
Yesus Kristus.
1.2.
Bersedia
mengampuni orang lain.
1.3.
Menjelaskan
Allah mengampuni dan menyelamatkan manusia melalui Yesus Kistus.
1.4.
Memprakte-kkan
perilaku dan disiplin sebagai manusia yang telah diselematkan.
|
Indahnya Mengam-puni
|
1. Pengertian mengampuni
2. Manfaat dari mengampuni
3. Mengetahui nats alkitab mengenai Indahnya mengampuni
|
1
|
3
x 40 Menit
(1 x Perte-muan)
|
L
I
B
U
R
S
E
M
E
S
T
E
R
|
P
E
N
G
E
N
A
L
A
N
L
I
N
G
K
U
N
G
A
N
S
E
K
O
L
A
H
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Karya Pengamp-unan Allah
Dalam Yesus Kristus
|
1.
Makna pengampun-an
2.
Contoh Karya Pengampun-an
|
2
|
3
x 40 Menit
(1 x Perte-muan)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
1.
Memahami Pengampun-an Allah
2.
Cara Allah Mengampuni Manusia
|
3
|
3
x 40 Menit
(1 x Perte-muan)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
3
|
Babtisan Sebagai Tanda
Menjadi Milik Kristus
|
1.
Pengertian Baptisan menurut Alkitab
2.
Mengetahui tujuan dari Baptisan
|
4
|
3
x 40 Menit
(1 x Perte-muan)
|
|
|
|
|
|
U
L
A
N
G
A
N
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
1.
Jenis-jenis Baptisan
2.
Perbedaan Baptisan Percik dan Baptisan Selam
|
5
|
3
x 40 Menit
(1 x Perte-muan)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
4
|
Dosa Dan Pertobatan
|
1.
Pengertian Dosa
2.
Mengetahui Akibat Dosa
|
6
|
3
x 40 Menit
(1 x Perte-muan)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
1.
Pengertian Pertobatan
2.
Hubungan Pertobatan dengan Iman
|
7
|
3
x 40 Menit
(1 x Perte-muan)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
5
|
2.1 Mengakui
bahwa pemelihara-an Allah terhadap manusia dan alam lebih kuat dari pada
kecenderung-an manusia untuk merusaknya.
2.2 Turut
bertanggung jawab memelihara alam.
2.3 Menjelaskan
pemelihara-an Allah yang terus berlangsung bagi manusia dan alam.
2.4 Turut memelihara alam dan lingkungan hidup.
|
Allah Memeliha-ra Ciptaan-Nya
|
1.
Memahami arti Allah memelihara Ciptaan Nya
2.
Tujuan Allah
Memelihara
Ciptaan-Nya
|
8
|
3
x 40 Menit
(1 x Perte-muan)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.
Aspek-aspek pemeliharaan Allah terhadap ciptaan-Nya
2.
Cara Allah memelihara Ciptaan Nya
|
9
|
3
x 40 Menit
(1 x Perte-muan)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
UTS
|
REM
E
D
I
A
L
U
T
S
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
6
|
Menjaga dan Melestari-kan Alam
|
1.
Makna menjaga dan melestarikan Alam
2.
Tanggung Jawab Manusia dalam menjaga dan melestarikan Alam
|
10
|
3
x 40 Menit
(1 x Perte-muan)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
1.
Manfaat Menjaga dan Melestarikan Alam
2.
Akibat dari tidak Menjaga dan Melestarikan Alam
|
11
|
3
x 40 Menit
(1 x Perte-muan)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
7
|
3.1 Menghayati
arti peduli daan solidaritas bagi semua.
3.2 Menghargai sesama sebagai wujud
solidaritas.
3.3 Menceritakan bentuk solidaritas sosial yang
dilakukan bagi sesama mengacu pada ajaran Yesus.
3.4Membiasak-an
diri bersikap solider terhadap sesama dalam berbagai bentuk dan cara.
|
Solider Terhadap Teman Dan
Sahabat
|
1.
Makna Solider
2.
Cara membangun Solidaritas yang benar terhadap teman dan sahabat
3.
Membangun Solidaritas : Belajar dari Yesus dan Sahabat-sahabat Nya
|
12
|
3
x 40 Menit
(1 x Perte-muan)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Memban-gun
Solidaritas Sosial Belajar Dari Ajaran Yesus Kristus
|
1.
Makna Solidaraitas
2.
Pengertian Sosial
3.
Belajar dari Yesus dalam
membangun Solidaritas Sosial
|
13
|
3
x 40 Menit
(1 x Perte-muan)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
ULANGAN
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
1.
Makna solidaritas ditengah Kehidupan Jemaat Kristen
2.
Belajar dari Yesus dalam merubuhkan jembatan Eksklusivis-me
|
14
|
3
x 40 Menit
(1 x Perte-muan)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
9
|
Membangun Solidaritas
diTengah Masyarakat Majemuk
|
1. Makna solidaritas ditengah masyarakat Majemuk
2. Belajar solidaritas ditengah masyarakat
majemuk menurut Alkitab.
|
15
|
3
x 40 Menit
(1 x Pertemuan)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
1. Bentuk-bentuk
solidaritas ditengah masyarakat majemuk
2. Cara membangun solidaritas ditengah masyarakat
majemuk
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
UAS
|
REMDEIAL
UAS
|
LIBUR SEMESTER
|
LIBUR SEMESTER
|
|||
|
Comments
Post a Comment